cover
Contact Name
Florianus Aloysius Nay
Contact Email
nayflorianus@gmail.com
Phone
+6281246445803
Journal Mail Official
ejournal.leibniz@gmail.com
Editorial Address
Jln. Veteran No. 1-3 Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang - Provinsi Nusa Tenggara Timur
Location
Kab. kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Leibniz: Jurnal Matematika
Published by Universitas San Pedro
ISSN : -     EISSN : 27752356     DOI : -
Core Subject : Education,
Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Jurnal Leibniz ini adalah sebagai berikut: Geometri dan Aplikasinya, Teori Graf dan Aplikasinya, Riset Operasi dan Aplikasinya, Sistem Dinamik dan Aplikasinya, Model Matematika dan Aplikasinya, Teori Kontrol dan Aplikasinya, Aljabar dan Aplikasinya, Model Pembelajaran Matematika, Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika, Teknologi dalam Pembelajaran Matematika, dan Kognisi dalam Pembelajaran Matematika
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika" : 5 Documents clear
Mathematical Model of Foot and Mouth Disease Considering Vaccination Disinfection And Early Quarantine Wahyudin Nur; Darmawati; Nur Afni; Sriwana Bulawan; Nur Haeni; Abdullah; Nirma; Muhammad Aspar; Salim
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/leibniz.v3i1.199

Abstract

Foot and Mouth Disease (FMD) is a highly contagious disease that can infect all cloven hoofed animals. FMD is one of the most important infectious viral diseases in the world. This disease is responsible for international losses in livestock production and trade. In this article, we formulate a mathematical model for the spread of FMD in goat farms that considers early quarantine, vaccination, and disinfection interventions. The model constructed is expressed as a system of ordinary differential equations consisting of eight state variables. We determine the basic reproduction number using the next-generation matrix method. Our numerical simulation results show that vaccination has a very crucial role in controlling the spread of FMD and reducing the basic reproduction number. In addition, quarantine interventions for latent and infectious goats are also effective in controlling the spread of FMD. The basic reproduction number can also be suppressed by disinfection and quarantine interventions. Therefore, we recommend implementing routine vaccination, screening and disinfection programs. In addition, farmer should be given education so that they have the ability to identify goats exposed to FMDV so that quarantine can be carried out early.
Pengembangan e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman pada Materi Perbandingan di SMP Raudlatut Tholabah Ajeng Dwi Ana Putri; Nurul Imamah; Rohmad Wahid
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/leibniz.v3i1.203

Abstract

Pengembangan e-Modul merupakan salah satu upaya pendidik dalam membantu siswa untuk memudahkan belajar matematika secara mandiri. Masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana prosedur pengembangan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan dan (2) Bagaimanakah kualitas e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan ditinjau dari segi kevalidan dan kepraktisan. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengembangkan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan serta mendeskripsikan kualitas e-Modul yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Desimminate. Jenis data yang digunakan ialah kualitatif, dan menggunakan angket respon siswa, angket validasi serta lembar wawancara sebagai instrumen penelitian. Uji validasi dari penelitian dan pengembangan e-Modul ini dilakukan oleh 3 ahli diantaranya 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru mata pelajaran matematika SMP Raudhlatut Tholabah. Sedangkan uji lapangan dilakukan pada tanggal 6 April 2022 yang dilaksanakan di SMP Raudhlatut Tholabah dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa. Pada penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan produk bahan ajar berupa e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. Dari kegiatan uji validasi dan uji lapangan didapatkan data berdasarkan angket validasi dan angket respon siswa yaitu kualitas e-Modul yang ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Kualitas yang dinilai dari kevalidan sebesar 3,92 yang menunjukkan bahwa e-Modul dinyatakan valid, serta ditinjau dari kepraktisan sebesar 4,50 yang menujukkan bahwa e-Modul sangat praktis.
Pembuktian Struktur Peubah Instrumen Blundell-Bond Generalized Method of Moment (BB-GMM) Estimator Model Regresi Panel Dinamis Febrya Buan; Dian Grace Ludji; Osniman Paulina Maure
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/leibniz.v3i1.221

Abstract

Pemodelan regresi panel dinamis dapat mengakomodir gabungan data cross section, time series dan lag time. Adanya lag time peubah respon dalam model mengakibatkan permasalahan endogenitas, yaitu suatu kondisi korelasi antara lag peubah respon dengan error mengakibatkan tidak terpenuhinya sifat kebaikan penduga. Penyelesaian permasalahan tersebut dengan membentuk peubah instrumen yang merupakan proyeksi linier lag peubah respon dari model first diference dan model level regresi panel dinamis yang diestimasi dengan prosedur BB-GMM estimator. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan validitas dari setiap peubah instrumen yang terbentuk dari model regresi panel dinamis. Hasil penelitian empiris diperoleh himpunan peubah instrumen model first diference yang valid yaitu dan himpunan peubah instrumen model level adalah (yi1, yi2,...,yT-2) dan himpunan peubah instrumen model level adalah (yi2, yi3,...,yt-1)
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Berbasis TIMSS di SMP Kristen Karuni Yulita Lika; Samuel Rex Mulyadi Making; Yulius Keremata Lede
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/leibniz.v3i1.197

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII berbasiss TIMSS di SMP Kristen Karuni tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Karuni dengan jumlah 24 orang. Tehnik pengumpulan data ada tes dan wawancara. Tehnik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa presentase keseluruhan siswa yang mampu dalam menyelesaikan soal berbasis TIMSS yang ditinjau dari beberapa tahap indikator menurut Krulik dan Rudnick pada tahap membaca dan berpikir dengan persentase 31,24% kategori rendah, yang kedua yaitu indikator mengeksplorasi dan merencanakan dengan persentase 28,11% kategori rendah, yang ketiga yaitu indikator mencari jawaban dengan persentase 18,75% kategori rendah, yang keempat yaitu indikator memilih strategi dengan persentase 14,58% kategori rendah, dan yang terakhir indikator meninjau kembali dan mendiskusikan dengan persentase 1% kategori rendah.
Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Kecamatan Kodi Utara Dan Penerapannya Pada Pembelajaran Matematika Apshinta Milla; Samuel Making; Yulius Keremata Lede
Leibniz: Jurnal Matematika Vol. 3 No. 1 (2023): Leibniz: Jurnal Matematika
Publisher : Program Studi Matematika - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/leibniz.v3i1.204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menemukan aspek-aspek matematika yang terdapat dalam motif kain tenun kecamatan Kodi Utara dan; 2) menerapkan aspek-aspek matematika yang terdapat dalam motif kain tenun kecamatan Kodi Utara dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di Desa waitaru, Kecamatan Kodi Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dari ketiga narasumber yaitu pengrajin kain tenun. Data hasil wawancara berupa hasil analisis motif kain tenun kecamatan Kodi Utara yang kemudian dikaji aspek-aspek matematis berdasarkan 6 aktivitas dasar menurut Bishop (1998). Aktivitas pada pembuatan motif kain tenun pada masyarakat kecamatan Kodi Utara antara lain: 1) designing:merancang pola motif kain tenun, 2) measuring:mengukur jarak menggunakan jengkal setiap motif 3) counting:menghitung banyaknya benang yang diperlukan. Motif kain tenun memiliki aspek-aspek matematika seperti segitiga, persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, refleksi dan translasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5